Apakah Pengertian Deformasi Gelombang

Apakah yang dimaksud Deformasi Gelombang


Deformasi Gelombang merupakan suatu perubahan sifat gelombang yang terjadi pada saat ada gelombang bergerak merambat menuju ke pantai. Perubahan atau biasa disebut deformasi gelombang tersebut meliputi Refraksi, Difraksi, dan Refleksi.

APAKAH ITU DEFORMASI GELOMBANG

Inilah Penjelasan Mengenai Refraksi, Difraksi dan Refleksi

  1. Refraksi GelombangRefraksi Gelombang adalah suatu peristiwa terjadinya pembelokan arah gelombang yang memasuki perairan yang dangkal yang disebabkan karena sebagian gelombang masih merambat dengan kecepatan gelombang laut dalam pada waktu masuk ke laut dangkal.  Selain mempengaruhi arah gelombang, REFRAKSI juga sangat berpengaruh terhadap tinggi gelombang dan distribusi energi gelombang di sepanjang pantai itu. Pada laut dalam dimana dasar laut yang mempunyai jarak sangat jauh dari permukaan maka pengaruh dasar laut terhadap pergerakan gelombang hampir tidak ada. Ketika gelombang yang berasal dari lautan dalam tersebut menuju atau bergerak ke arah perairan dangkal dimana faktor kedalaman laut menjadi semakin berperan dalam perambatannya maka apabila dilihat suatu garis puncak gelombang dan pada bagian puncak gelombang yang berada di laut yang lebih dangkal akan bergerak lebih lambat dibanding di laut yang lebih dalam sehingga akibatnya garis puncak gelombang akan mengalami pembelokan dan berusaha untuk sejajar dengan garis kontur dasar laut/pantai.
  2. Difraksi Gelombang
    Difraksi Gelombang 
    akan terjadi apabila gelombang yang datang terhalang oleh suatu penghalang yang dapat berupa bangunan pemecah gelombang maupun pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya. Akibatnya dari terhalang gelombang datang akan membelok di sekitar ujung rintangan/penghalang dan masuk ke daerah terlindung yang ada di belakangnya.  Dalam hal ini, akan terjadi transfer energi dalam arah tegak lurus ke daerah terlindung. Fenomena difraksi gelombang sangat penting diperhatikan dalam Perencanaan Pelabuhan dan Bangunan Pemecah Gelombang.
  3. Refleksi GelombangRefleksi Gelombang adalah pemantulan suatu gelombang yang terjadi apabila gelombang yang datang membentur atau menghantang suatu tembok atau penghalang seperti bangunan pemecah gelombang. Fenomena refleksi dapat ditemukan di kolam pelabuhan. Pemantulan gelombang dapat ditentukan oleh koefisien refleksi yang berbeda-beda untuk berbagai macam dan tipe bangunan.

Tipe Bangunan

Koefisien Refleksi
Dinding vertikal dengan puncak di atas air = 0,7 – 1,0
Dinding vertikal dengan puncak terendam air = 0,5 – 0,7
Tumpukan batu sisi miring = 0,3 – 0,6
Tumpukan blok beton = 0,3 – 0,5
Bangunan vertikal dengan peredam energi (lubang) = 0,05 – 0,2

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan tentang Apakah Pengertian Deformasi Gelombang itu dan semoga dengan materi ini ilmu pengetahuan kita lebih luas lagi khususnya di dunia Perkapalan dan semoga dengan artikel ini kita lebih banyak tahu tentang apa itu Refraksi, Difraksi dan Refleksi. Terima Kasih Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Pengertian Deformasi Gelombang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel