Proses Terjadinya Littoral Transport

Transport SepanjangPantai (Longshore Transport)

Selamat pagi dan selamat beraktivitas, Kali ini akan membahas tentang apa itu Transpor Sedimen. Transpor Sedimen terbagi atas 2 yaitu : 
  1. Transport sedimen bentuk mata gergaji di garis pantai, dan 
  2. Transport sepanjang pantai di surf zone
Dikatakan berbentuk mata gergaji karena pada waktu gelombang yang menuju ke pantai dengan membentuk sudut terhadap garis pantai maka gelombang akan naik ke pantai dan akan membentuk sudut. Sehingga massa air yang naik membetuk suatu lintasan berbetuk mata gergaji dan disertai terangkutnya sedimen sepanjang arah pantai.

PROSES TERJADINYA LITTORAL TRANSPORT

Transport sepanjang pantai surf zone merupakan transport sedimen yang timbul akibat arus disepanjang pantai yang dibangkitkan oleh gelombang pecah. Transpor sedimen ini terjadi di surf zone. Salah seorang yang bernama Zenkovichh, Sleath, 1982 melakukan pengukuran transport sediment sepanjang pantai. Terdapat 2 puncak konsentrasi sedimen suspensi yang ditimbulkan oleh gelombang pecah di sekitar lokasi gelombang pecah dan di garis pantai. Konsentrasi tinggi yang dekat garis pantai dapat disebabkan oleh gerak air berbentuk gergaji seperti penjelasan mengenai bentuk mata gergaji. Pada daerah gelombang pecah sebagian besar transport sedimen terjadi dalam suspensi sedang di luar gelombang pecah sebagai bedload.

Penyebab trasnport sediment sepanjang pantai antara lain :

  1. Pendangkalan di pelabuhan.
  2. Erosi pantai. 
  3. Dan lain sebagainya

Cara yang dapat digunakan untuk memprediksi transport sediment sepanjang pantai :

  1. Mengukur debit sediment di lokasi yang ditinjau. 
  2. Pengukuran yang menunjukkan perubahan elevasi dasar dalam suatu periode tertentu yang dapat memberikan petunjuk tentang angkutan sedimen. 
  3. Baik apabila daerah peninjauan memiliki bangunan yang dapat menangkap transport sedimen sepanjang pantai, seperti groin, break water dan lain sebagainya. Rumus untuk menghitung transport sediment sepanjang pantai berdasar atas data pengukuran model dan prototype pada pantai berpasir. Rumus tersbut adalah hubungan antara transport sediment dan komponen fluks energi gelombang sepanjang pantai dalam bentuk seperti berikut :
            Qs = K P1ⁿ
            P1 = ρ g Hb² Cb sin αb cos αb

Dimana :
Qs   = angkutan sediment sepanjang pantai (m³/hari)
P1   = komponen fluks energi gelombang sepanjang pantai pada saat pecah (Nm/d/m)
ρ      = rapat massa air laut (kg/m³)
Hb   = tinggi gelombang pecah (m)
Cb   = cepat rambat gelombang pecah (m/d)
αb    = sudut dating gelombanng pecah
K, n = konstanta

Cukup sekian untuk kali ini tetntang penjelasan Transport Sedimen dan semoga dengan artikel ini pengetahuan semakin bertambah mengenai Transport sedimen. Terima Kasih Semoga Bermanfaat .

Belum ada Komentar untuk "Proses Terjadinya Littoral Transport"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel