Beberapa Sifat-Sifat Air

Beberapa Sifat-Sifat Air Wajib Untuk Anda Ketahui 

BEBERAPA SIFAT-SIFAT AIR

Materi Perkapalan - Pada kali ini akan berbagi artikel Sifat-Sifat Air, tapi sebelum kita lanjutkan ke materi apa saja Sifat-Sifat Dasar Air kita tahu dulu apa Pengertian Air dan apa yang dimaksud dengan Senyawa Kimia itu. Pengertian air merupakan suatu cairan yang tidak mempunyai warna dan tidak berasa serta tidak berbau yang sering kita temui atau jumpai sehari-hari dilingkungan kita berada. Air begitu penting untuk digunakan dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan yang secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen. Dan perlu diketahui apabila mendapat atau menjumpai air yang berbau atau berwarna maka kemungkinan air itu telah bercampur dengan zat lain. Sedangkan Senyawa kimia merupakan zat kimia yang murni terdiri atas dua atau beberapa unsur  yang dapat terpecah lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut, sebagai contoh : Dihidrogen monoksida (air, H2O) adalah sebuah senyawa yang terdiri dari dua atom hidrogen untuk setiap atom oksigen.

Inilah Beberapa Sifat Air yang Wajib Diketahui

  • AIR MENEMPATI RUANG
    Air mempunyai sifat menempati ruang, contohnya air yang dituangkan pada gelas maka air itu akan menempati ruang dalam gelas, begitu juga air yang dituangkan kedalam botol maka air akan menempati ruangan dari botol.
  • AIR MEMPUNYAI/MEMILIKI BERAT
    Air memiliki berat, contohnya apabila sebuah ember yang kosong diisi air hingga penuh maka, apabila ember tersebut diangkat akan terasa berat.
  • PERMUKAAN AIR YANG TENANG SELALU DATAR
    Air tenang memiliki sifat permukaannya selalu datar, contohnya air didalam gentong, gelas atau benda yang lain apabila diamati permukaan air itu akan selalu datar. Kesimpulannya permukaan air yang tenang maka akan selalu datar. Sifat permukaan air yang selalu datar digunakan oleh tukang bangunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata supaya tidak miring.
  • AIR MENGALIR KETEMPAT YANG LEBIH RENDAH
    Air mempuyai sifat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. contohnya air sungai, air sungai mengalir dari pegunungan atau mata air di tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Kesimpulan Air yang dituangkan pada permukaan papan akan bergerak ke bawah menuju tanah, karena air memiliki sifat mengalir daritempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
  • AIR MELARUTKAN BEBERAPA ZAT
    Air mempunyai sifat dapat melarutkan beberapa zat. contohnya gula yang dimasukan ke dalam air lalu diaduk-aduk maka butiran gula akan hilang, hilangnya butiran gula tersebut karena larut dalam air. Kesimpulan gula yang ada didalam air akan hilang karena air memiliki sifat dapat melarutkan beberapa zat.
  • AIR MENEKAN KE SEGALA ARAH
    Air memiliki sifat menekan kesegala arah. contohnya apabila kantong plastik diisi air lalu kantong plastik tersebut ditusuk jarum maka air akan keluar. keluarnya air itu karena air memiliki sifat menekan ke segala arah.
  • AIR MERESAP MELALUI CELAH KECIL
    Air memiliki sifat meresap ke celah-celah kecil. contohnya air hujan yang turun dari langit ke permukaan tanah akan menggenangi permukaan tanah tersebut tetapi lama-kelamaan air tersebut akan habis karena air itu meresap melalui celah-celah kecil tanah.
  • AIR DAPAT BERUBAH WUJUD
    Air memiliki sifat dapat berubah wujud. contohnya dalam pembuatan es batu, air yang dibungkus kantong plastik lalu di masukan kedalam kullkas atau pendingin maka air tersebut lama kelamaan akan berubah wujud dari cair menjadi padat.
  • AIR MENGALIR DARI TEMPAT YANG TINGGI KE TEMPAT RENDAH
    Air mengalir daei tempat tinggi ke tempat rendah.lihatlah air terjun atau air yang mengalir dari gunung ke bawah.
Itulah Beberapa Sifat-Sifat Air yang dapat dijelaskan pada kesempatan kali ini dengan artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua terima kasih.

5 Komentar untuk "Beberapa Sifat-Sifat Air "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel