Apakah Itu Teknik Pantai

Apa Itu Teknik Pantai

Salah satu mata kuliah dari Teknik Perkapalan khususnya program studi kelautan akan membahas atau mempelajari Teknik Pantai. Teknik Pantai merupakan cabang dari Teknik Sipil yang bersandar pada ilmu teknik kelautan (oceanography), meteorology, mekanika fluida, elektronika, mekanika struktur, geologi dan morfologi, matematika dan statistic, computer, mekanika tanah dan mekanika bahan.

APAKAH ITU TEKNIK PANTAI
Teknik pantai ini mempunyai aplikasi di daerah pantai, seperti contoh penanggulangan masalah erosi pantai dengan membuat bangunan-bangunan disekitar pantai, penanggulangan endapan di muara sungai dan alur pelayaran serta kolam pelabuhan, pembangunan pelabuhan, dan lain sebagainya.

Bidang studi teknik pantai meliputi kegiatan-kegiatan berikut ini :

  1. Perencanaan berbagai bangunan pantai seperti pemecah gelombang, Jetti, Groin, Dinding pantai, Revetment, dan lain sebagainya.
  2. Pengendalian masalah erosi pantai dengan pembuatan bangunan disekitar pantai dan melakukan penambahan sedimen di pantai. 
  3. Stabilisasi muara sungai dengan melakukan pengerukan dan pembuatan bangunan. 
  4. Peramalan arus dan elevasi muka air di estuary dan muara sungai serta pengaruhnya pada kualitas air, gerak sedimen, pelayaran, dan lain sebagainya. Biasanya ini dipelajari di mata kuliah  perencanaan pelabuhan 
  5. Perencanaan pelabuahan dan bangunan-bangunan pelengkapnya seperti pemecah gelombang, dermaga, dolphin, system penambatan, dan lain sebagainya. 
  6. Studi penyebaran panas dari suatu pabrik, misalnya buang air panas dari pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) atau penyebaran polutan/limbah dari suatu pabrik. 
  7. Reklamasi daerah pantai untuk daerah industry atau pemukiman yang ada disekitar pantai.
  8. Pengerukan perairan pelabuhan dan pembuatan material pengerukan.
Penyelesaian dari masalah-masalah teknik pantai tersebut memerlukan pengertian dari phenomena kelautan dan daerah pantai. Studi yang mengenai masalah-masalah teknik pantai ini dapat dilakukan dalam 3 macam kelompok yaitu :

  1. Studi teoritis dan matematis,
  2. Studi di laboratorium, dan
  3. Studi lapangan.
Dari Ketiga jenis studi yang ada diatas tersebut akan saling mendukung dan berkaitan antara satu sama lainnya. Cukup sekian untuk artikel Apa Itu Teknik Pantai semoga ilmunya dengan mudah dipahami buat kita semua. Terima Kasih Semoga Bermanfaat by Materi-Perkapalan

Belum ada Komentar untuk "Apakah Itu Teknik Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel