Istilah-Istilah yang Sering Dibahas Dalam Kapal

Istilah-Istilah dalam Kapal

Materi Perkapalan - Bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan galangan kapal atau sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi Negeri/Swasta dan mengambil jurusan yang berkaitan dengan Perkapalan atau Kelautan sangatlah penting untuk mengetahui istilah-istilah yang berhubungan dengan dunia kemaritiman. Dibawah ini ada beberapa macam istilah kapal beserta penjelasannya.

Berikut ini Istilah-Istilah yang Sering Dibahas Dalam Kapal


Istilah-Istilah yang Sering Dibahas Dalam Kapal
  • Lambung Kapal
    Lambung kapal atau Badan kapal biasanya panjang dan simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal. Pada umumnya kapal di bagian tengah berbentuk persegi panjang dengan kedua sudut yang ada dibawahnya dibulatkan. Dihaluan dan buritan bentuknya mendekati huruf V (fi). Pada bagian depan disebut HALUAN dan bagian belakang disebut BURITAN, bagian bawah disebut ALAS, dan kedua dinding disamping biasa disebut SISI atau LAMBUNG. Alas bersama dengan lambung kiri dan kanan disebut juga KULIT LUAR. KULIT LUAR yang berada di atas permukaan air atau jarak vertikal seluruh lambung kapal yang diukur dari tepi deck hingga ke garis muat disebut LAMBUNG BEBAS (FREE BOARD). Kulit kapal baja masing-masing pelatnya dapat dihubungkan dengan cara di  las atau cara keling. CARA LAS adalah proses untuk menghubungkan pelat yang terlebih dahulu pada bagian pelat yang akan disambung dicairkan, dan Cara Keling adalah proses penyambungan pelat menggunakan paku keling.
  • Geladak
    Geladak atau Deck merupakan lapisan yang menghubungkan bagian atas kapal. Geladak ditopang oleh balok geladak. Geladak tersebut dibuat tidak datar akan tetapi melengkung ke arah melintang yang biasa disebut CEMBUNG GELADAK dan mendukung ke arah memanjang disebut LENGKUNG GELADAK atau GAING. Geladak paling atas yang menerus sepanjang kapal disebut GELADAK UTAMA dan geladak yang terletak di atas ruang timbul disebut GELADAK KIMBUL. Diatas ruang akil disebut GELADAK AKIL dan di atas anjungan disebut GELADAK JEMBATAN dan sementara geladak untuk menempatkan sekoci disebut GELADAK SEKOCI.
  • KIMBUL
    KIMBUL merupakan bangunan yang berdinding tipis dan selebar kapal di atas geladak utama yang berada di bagian buritan, dibagian tengah adalah ANJUNGAN dan di depan adalah AKIL. Pada geladak utama dirancang atau dibuat suatu lubang palka untuk lewat barang muatan kapal ke palka dan dari dalam palka. Dan lubang palka tersebut diberi penutup palka.
  • Dasar Berganda (Double Bottom)
    Dasar Berganda (Double Bottom) adalah dasar yang rangkap dua. Sebelah luar alas kapal dan sebelah dalam alas dalam (Top Tank) digunakan untuk :
    1.Memberikan perlindungan tinggi pada keselamatan kapal di dalam pelayaran jika terjadi kerusakan pada dasar kapal.
    2.Sebagai tempat “air ballast” jika kapal berlayar tanpa muatan.
    3.Sebagai tempat menyimpan bahan bakar, air tawar serta minyak pelumas.
    4.Memperbaiki stabilitas dengan mengisi ruang dasar berganda  dengan muatan cair.
  • Sebagai Ruang Pemisah (Cofferdam)
    Ruangan yang terdapat pada dasar berganda untuk memisahkan tangki-tangki yang diisi dengan cairan yang berbeda jenis.
  • Sekap Kedap Air (Bulk Head)
    Sekat kedap air Ada 2 (dua) macam yaitu :
    1.Sekat Kedap Air Melintang (Transversal Bulk Head)
    2.Sekat Kedap Air Memanjang (Longitudinal Bulk Head)
    Sekat kedap air mempunyai manfaat untuk :
    1.Membagi kapal atas beberapa bagian (Kompertment) yang kedap air.
    2.Menambah kekuatan melintang pada kapal.
    3.Mencegah api menjalar apabila terjadi kebakaran dan mencegah air apabila terjadi kebocoran pada salah satu ruangan.
    sekat kedap air melintang yang harus dipasang menurut ketentuan SOLAS sebagai berikut :
    1.Satu buah sekat pelanggaran (Collision Bulk Head)
    2.Satu buah sekat kedap air kamar mesin dibagian depan
    3.Satu buah sekat kedap air kamar mesin dibagian belakang
    4.Satu buah sekat kedap air belakang (After Peak Bulk Head)
  • Tangki Ceruk (Peak Tank)
    Tangki Ceruk ada 2 macam yaitu :
    1.Ceruk Haluan (Fore Peak Tank), merupakan tangki yang bagian depannya dibatasi oleh linggi haluan dan di belakang oleh sekat pelanggaran. Ceruk haluan digunakan untuk tangki ballas atau bak rantai jangkar.
    2.Ceruk Buritan (After Peak Tank) merupakan tangki yang dibatasi oleh linggi buritan dan dinding sekat kedap air belakang. Ceruk buritan ini berguna untuk tangki air ballast.
  • Linggi
    Badan kapal dilengkapi oleh bagian depan dengan linggi haluan (Stem) dan bagian belakang dengan linggi buritan (Stern Post) yang merupakan ujung-ujung yang kokoh untuk suatu kapal.

    1.Linggi Haluan (Stem)

    Ada beberapa bentuk linggi haluan yang kita ketahui antara lain :
    1.Linggi Haluan tegak (Vertical Stem)
    2.Linggi Haluan condong (Racked Stem)
    3.Linggi Haluan bulba (Bulb Stem)
    4.Linggi Haluan Maier (Maier Stem)
    5.Linggi Haluan Gunting (Clipper Stem)
    6.Linggi Haluan Pemecah Es (Ice Breaker Stem)

    2. Linggi Buritan (Stern Post)
    Ada beberapa bentuk linggi buritan antara lain :
    1.Berbentuk Eliptik.
    2.Berbentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi yang imbang.
    3.Berbentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi gantung.
    4.Berbentuk Balok Lintang (Transom)
  • Kemudi
    Kemudi pada kapal berfungsi untuk mengolah arah gerak kapal. Untuk menggerakkan daun kemudi yang berada di bawah permukaan air, digunakan mesin kemudi yang dihubungkan dengan poros kemudi pada ruang mesin kemudi. Mesin kemudi ini dapat dioperasikan dari ruang Nahkoda yang berada di anjungan.

    Macam-macam bentuk dan jenis daun kemudi antara lain :
    1.Kemudi Balancir
    2.Kemudi plat tunggal
    3.Kemudi plat ganda
  • Kamar Mesin
    Pada kapal suatu mesin kapal mempunyai ruangan sendiri disebut KAMAR MESIN. Dalam kamar mesin ini banyak diletakkan mesin seperti Mesin Induk (Main Engine), Mesin Bantu (Auxilary Engine), pompa-pompa, kompresor dan lain sebagainya. Sedangkan Lebar kamar mesin dibuat selebar kapal sedangkan panjangnya kurang lebih 15 % dari panjang kapal. Letak kamar mesin pada kapal berada di belakang atau ditengah-tengah kapal. Pada kapal ikan, umumnya ditempatkan di tengah hal ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada anak buah kapal agarkan dapat bekerja di bagian belakang pada kapal ikan.
  • Palka Ikan
    Ruang palka (ruang muat) adalah ruangan dibawah geladak yang berguna sebagai tempat penyimpanan muatan kapal. Barang muatan harus dapat tersimpan dengan baik, supaya tidak rusak dan tidak busuk. Oleh karena itu ruangan palka harus dapat memenuhi beberapa persyaratan tertentu diantaranya :
    1.Ruang palka harus kedap air, maksudnya barang-barang yang ada di dalam ruang palka tersebut harus dapat dijamin tidak kemasukan air.
    2.Ruang palka tidak mudah terpengaruh panas dari luar sehingga es yang ada di dalam palka tidak mudah mencair atau suhu yang rendah di dalam palka tidak mudah berubah naik.
Itulah beberapa Istilah-Istilah yang Sering Dibahas Dalam Kapal yang dapat saya sampaikan kali ini dan semoga memberi kita ilmu baru atau tambahan didunia perkapalan. Terima kasih semoga bermanfaat.

4 Komentar untuk "Istilah-Istilah yang Sering Dibahas Dalam Kapal"

  1. Makasih infonya,...kalo bisa, ditambah lagi dong

    Kunjungi balik ya:
    junkerkaskus.blogspot.com

    BalasHapus
  2. min mau tanya ini dapat pengertian ruang muat dari buku apa yah? atau dari teori siapa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari blog http://www.indonesianship.com/beritaisi.php?ID=968

      Hapus
  3. Ulas materi kapal patroli dunk

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel