Pengertian Jetty dan Fungsi Dermaga Jetty Untuk Pantai

Pengertian Jetty dan Fungsi Jetty Untuk Pantai

Pengertian dan Fungsi Dermaga Jetty Untuk Pantai

Pengertian Jetty dan Fungsi Jetty untuk pantai - Pengertian Jetty adalah salah satu bangunan pelindung pantai yang dibangun tegak lurus pantai dan diletakkan di kedua sisi muara sungai yang menuju ke laut.

Fungsi Jetty adalah mengurangi terjadinya pendangkalan alur akibat sedimen yang terbawa oleh arus sampai ke garis pantai. Pendangkalan akibat sedimen dapat mengganggu lalu lintas kapal yang akan lewat di alur pelayaran tersebut.

Bangunan pelindung pantai jetty juga berfungsi untuk mencegah pendangkalan di muara, kaitannya untuk pengendalian banjir.

Tipe Jetty Untuk Bangunan Pelindung Pantai

  1. Jetty panjang
    Dikatan jetty panjang jika panjang ujungnya berada diluar gelombang pecah. Tipe ini bertujuan untuk menghalangi masuknya sedimen ke muara,dan jika menggunakan konstruksi ini biaya pun sangat mahal Maka dari itu jika fungsinya hanya untuk penaggulangan banjir maka penggunaan jetty panjang ini tidak ekonomis.Bangunan ini digunakan  apabila daerah yang harus dilindungi terhadap banjir itu sangat penting. 
  2. Jetty sedang
    Jetty sedang apabila ujungnya berada antaar muka air surut dan lokasi gelombang pecah yang berfungsi untuk menahan sebagian transport sedimen sepanjang pantai.
  3. Jetty pendek
    Pada jetty pendek jika kaki ujung bangunan berada pada permukaan air surut. Jetty pendek ini mempunyai fungsi untuk menahan berbeloknya muara sungai dan mengkonsentrasikan aliran pada alur yang telah ditetapkan untuk bisa mengerosi endapan.

Cukup sekian untuk artikel Pengertian Jetty dan Fungsi Dermaga Jetty Untuk Pantai semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Jetty dan Fungsi Dermaga Jetty Untuk Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel