Jenis Kapal Keruk

BERIKUT JENIS-JENIS KAPAL KERUK

Apakah itu kapal keruk ?

Kapal Keruk adalah kapal yang dirancang khusus yang memiliki fungsi untuk lakukan pengerukan seperti di laut dangkal, sungai, danau, dan lain sebagainya. Kapal keruk dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Dredger. Kapal Keruk ini dirancang untuk kebutuhan suatu pelabuhan, Offshore, dan sebagainya dan kapal keruk ini sama halnya dengan Excavator yang ada didarat.

JENIS KAPAL KERUK

Beberapa Jenis Kapal Keruk Diantaranya Adalah:

1.Kapal keruk penghisap ( Suction dredgers )

Kapal jenis ini bekerja dengan cara menghisap material melalui pipa panjang seperti vacuum cleaner. Kapal keruk ini di bagi dua jenis yaitu :
  • Trailing suction hopper dredger
Trailing suction hopper dredger  berfungsi untuk menyeret pipa penghisap saat bekerja dan mengisi material yang diisap ke beberapa penampung (hopper) di dalam kapal. Jika penampung sudah penuh, maka TSHD akan berlayar ke lokasi pembuangan dan membuang material melalui pintu yang ada di bawah kapal. TSHD terbesar yang ada di dunia adalah TSHD milik perusahaan Belgia yakni Jan De Nul TSHD. Vasco Da Gama dewngan spesifikasi TSHD 33.000 m3 penampung, 37,060 kW total tenaga dan perusahaan asal Belanda Boskalis TSHD. W.D. Fairway dengan 35.000 m3 penampung.
  • Cutter-suction dredger
Cutter-suction dredger atau CSD, merupakan tabung untuk menghisap yang memiliki kepala pemotong di pintu masuk penghisap. Pemotong ini digunakan untuk material yang keras seperti kerikil dan batu. Adapun Material yang dikeruk dengan cara diisap oleh pompa pengisap sentrifugal dan dikeluarkan melalui pipa/tongkang. CSD ini memiliki pemotong yang lebih kuat dan digunakan untuk memotong batu. CSD ini mempunyai 2 buah spud can di bagian belakang dan 2 jangkar di bagian depan kiri dan kanan. Spud can berfungsi sebagai poros penggerak CSD dan dua jangkar untuk menarik ke kiri dan kanan.

2 CSD terbesar di dunia adalah CSD yaitu :

  1. Dredging International CSD D'Artagnan (28.200 kW) 
  2. Jan De Nul CSD J.F.J. DeNul (27.240 kW).
2.Bucket dredger
Bucket dredger adalah jenis ini sudah termasuk tua dari kapal keruk dan dilengkapi dengan beberapa alat seperti timba atau bucket yang bergerak secara simultan untuk mengangkat sedimen dari dasar air. Varian dari Bucket dredger ini adalah Bucket Wheel Dredger.

3.Backhoe/dipper dredge
Backhoe/dipper dredger memiliki sebuah ackhobe seperti halnya dengan excavator yang ada di darat. Backhoe dredger bisa juga digunakan seperti excavator untuk darat tapi Backhoe diletakkan di atas tongkang.

2  Backhoe dredger terbesar di dunia adalah milik dari :

  • Bean L.L.C. yaitu TAURACAVOR 
  • Great Lakes Dredge & Dock Co. yaitu NEW YORK.
Kedu Backhoe tersebut dilengkapi dengan Excavator Liebherr 996.

Cukup sekian dengan artikel ini kita lebih tahu tentang JENIS-JENIS KAPAL KERUK terima kasih Semoga Bermanfaat.

2 Komentar untuk "Jenis Kapal Keruk"

  1. nice to know you Pad , kerja dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Irma. Saya sendiri blum kerja masih kuliah, mbak sendiri kerja dimana?

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel