Bagaimana Cara Untuk Menguji Test Slump

Inilah Cara Untuk Tes Uji Slump

Salah satu mata kuliah di Teknik perkapalan khususnya program studi kelautan dan teknik sipil. kita melakukan praktek uji slump ini. Uji slump ini dilakukan untuk tes kemerosotan beton, yang sudah dicampur seperti pasir, kerikil, dan air. Pengujian ini dilakukan apabila beton masih segar, guna untuk memeriksa pas atau tidaknya jumlah air yang telah ditambahkan pada campuran. Kemerosotan itu sendiri adalah pengukuran untuk kualitas yang dihasilkan beton, test slump ini merupakan pengujian atau pengukuran langsung yang dilakukan untuk mengetahui kekakuan neton.

CARA UNTUK UJI TES SLUMP

Tes kemerosotan adalah suatu cara yang dilakukan untuk menentukan kekakuan beton. Sehingga kekakuan ini nantinya menunjukkan berapa banyak air yang telah digunakan dalam campuran. Untuk menghasilkan campuran beton yang baik sesuai dengan standar yang digunakan maka kita perlu sesuaikan dengan persyaratan untuk kualitas produk yang tahan lama. 

Berikut Ini Prosedur Melakukan Uji Slump Pada Beton

Cetakan untuk uji slump adalah frustum dari kerucut, yang mempunyai ukuran 300 mm dari ketinggian. Dasar adalah 200 mm dengan diameter dan memiliki bukaan kecil di bagian atas dari 100 mm. cetakan ini akan ditempatkan pada permukaan yang halus dan cetakan tersebut diisi dengan beton dalam tiga lapisan kemudian ditumbuk-tumbuk agarkan semua permukaan terisi penuh oleh campuran beton tadi. Selanjutnya  pada cetakan atas diratakan dengan permukaan yang halus, dan cetakan harus dipegang agarkan tidak bergerak selama proses ini.

Apabila langkah diatas telah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah mengamgkat cetakan yang berbentuk kerucut tadi secara perlahan/hati-hati secara arah vertikal dan pada langkah ini kita bisa melihat ketinggian beton mengalami kemerosotan. Kemerosotan yang terjadi pada beton tadi sekarang diukur berapa penurunan yang terjadi pada beton tersebut dengan cara mengukur tinggi kerucut dan mengukur tinggi beton dan lihat hasil selisih berapa yang didapatkan.

Cukup sekian tentang Bagaimana Cara Untuk Menguji Test Slump ini, semoga cara ini bisa berguna nantinya pada saat melakukan uji slump ini dan dapat kita bedakan mana beton yang tahan lama dan kuat serta mengetahui berapa campuran yang kita meski pakai atau gunakan. Terima Kasih Semoga Bermanfaat by Materi-Perkapalan

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Untuk Menguji Test Slump"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel