APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN

APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN

Selamat malam para sahabat-sahabatku, Blog materi perkapalan dibuat guna untuk membantu sahabat untuk menambah ilmu, mengembangkan ilmu dan tempat untuk mencari materi seputar dunia teknik perkapalan. Kali ini akan berbagi artikel atau suatu materi tentang APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN. Masih banyak diantara kita belum tahu pasti apa sebenarnya pengertian teknik perkapalan itu. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan berbagi Pengertian dari Teknik perkapalan, Sistem perkapalan serta teknik kelautan.

APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN

Teknik Perkapalan merupakan ilmu teknik yang mempelajari sistem kerja kapal yang berhubungan dengan perencanaan dan pembangunan sebuah kapal yang termasuk didalamnya bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas dan pengoperasian kapal yang guna untuk kebutuhan manusia dalam hal sarana dan transportasi laut. Ilmu pada Teknik Perkapalan akan diterapkan dalam perkembangan bahari atau kelautan di Indonesia, sebagai contoh transportasi, eksplorasi hidrokarbon laut, fishing, rekreasi laut serta untuk menjaga keamanan perairan yang ada di Indonesia.

Teknik Kelautan dalam bahasa inggris adalah Ocean Engineering yang merupakan ilmu teknik atau suatu rekayasa yang mempelajari struktur dan bagunan yang mempunyai kaitan dengan laut. Dimana Teknik kelautan juga dikembangkan ilmu dari teknik sipil yang  mempelajari struktur-struktur yang yang ada di daerah garis pantai atau coast line serta daerah lepas pantai atau offshore. Buakan cuma mempelajari struktur dan bangunan tetapi pada teknik kelautan juga mempelajari ilmu keteknikan yang lainnya seperti ilmu teknik mesin, teknik elektro dan teknik listrik dalam menciptakan mengembangkan serta dapat mengoperasikan propulsi kendaraan air dan kendaraan bawah air dan sistem terkait seperti sumber tenaga, permesinan, perpipaan dan lain sebagainya.

Kita ketahui bahwa Teknik Kelautan di Indonesia hanya terdapat pada 3 Universitas sajadiantaranya :
  1. Universitas Hasanuddin ( UNHAS ) yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan.
  2. Institut Teknologi Bandung ( ITB ) yang terletak di Bandung.
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) Surabaya.

Teknik Sistem Perkapalan merupakan ilmu teknik yang memfokuskan bidang keahliannya dalam kemampuan merancang seperti merancang sistem propulsi kapal, sistem pembangkit tenaga, sistem transmisi tenaga, sistem pengendalian dan monitoring.

Cukup sekian untuk kali ini tentang  APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN. Terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua dan jayalah perkapalan.

Kunjungi juga: Marine Engineering

1 Komentar untuk "APAKAH ITU TEKNIK PERKAPALAN DAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN DAN TEKNIK KELAUTAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel