TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN

TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN

Selamat siang dan jumpa lagi pada kali ini Materi Perkapalan akan berbagi artikel TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN yang juga merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang telah diposting yaitu tentang " PENGERTIAN DERMAGA DAN FUNGSINYA UNTUK KAPAL DI PELABUHAN ".

Sebelumnya telah kita ketahui bersama bahwa Pengertian dari Dermaga itu adalah bangunan yang dirancang khusus pada suatu pelabuhan yang digunakan atau tempat kapal untuk ditambatkan untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dan penumpang kapal.

Serta ada beberapa jenis dermaga untuk pelabuhan antara lain Dermaga barang umum, dermaga khusus, Dermaga peti kemas, dermaga Curah, Dermaga Kapal ikan, Dermaga Marina. Untuk lebih jelasnya simak 3 TIPE DERMAGA PELABUHAN berikut ini :

TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN

ADA 3 TIPE DERMAGA MENURUT WIKIPEDIA :

  1. Dermaga Quay Wall
    Struktur yang sejajar dengan pantai yang relatif berhimpit dan dibangun pada tanah yang cukup keras yang dapat berupa tembok berdiri diatas pantai dan biasanya dibangun dengan konstruksi sheet pile baja atau beton, open filled structure.
  2. Dermaga Dolphin
    Dermaga Dolphin yakni sebagai tempat atau sarana untuk melakukan bongkar muat kapal atau sandarnya kapal  yang berupa dolphin diatas tiang pancang.
  3. Dermaga System Jetty
    Dermaga System Jetty atau Apung merupakan sebagai tempat untuk menambatkan kapal pada panton yang mengapung yang berada di air. Dan biasanya kebanyakan digunakan untuk kapal-kapal penumpang, kapal yang biasa dijumpai diantaranya adalah kapal Feri yang berukuran kecil sebagai fasilitas penyebrangan dan biasa dijumpai di sungai-sungai ataupun danau.
Itulah TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN menurut Wikipedia yang begitu sering dijumpai dan digunakan untuk saat ini pada pelabuhan-pelabuhan. Mungkin itu yang dapat disampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "TIPE-TIPE DERMAGA UNTUK PELABUHAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel