MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL

 MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL

Apa kabar sahabat Materi Perkapalan saya harap kita semua masih diberikan kesehatan sehingga kita ketemu lagi di blog tercinta ini. Pada kali ini Materi Perkapalan akan berbagi artikel yaitu MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL.  Sebelum kita melangkah lebih jauh perlu kita ketahui bersama bahwa fungsi utama mooring pada prinsipnya untuk mengamankan suatu posisi kapal agarkan berada tetap pada tempatnya. Secara umum, ada beberapa mooring system yang digunakan untuk FSO/FPSO ( Floating Production Storage and Offloading ) antara lain yaitu Spread Mooring, Turret Mooring, Tower Mooring dan Buoy Mooring. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dari beberapa mooring yang disebutkan tadi.

MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL
  1. Spread Mooring
    Spread mooring merupakan salah satu cara yang sederhana untuk sarana tambat FSO/FPSO karena system spread mooring ini memungkinkan kapal untuk bergerak atau berputar mencapai posisi dimana ditemukan efek-efek lingkungan seperti angin, arus dan gelombang. Tapi kita ketahui cara ini akan mengakibatkan beban lingkungan terhadap kapal akan menjadi semakin besar, sehingga dapat mengakibatkan bertambahnya jumlah mooring lines dan line tensionnya.

    Adapun peralatan yang biasa digunakan yaitu peralatan umumnya yang sudah tersedia di kapal. Pada system ini digunakan satu set anchor legs dan mooring lines yang  terletak pada posisi bow dan stern kapal. Peralatan-peralatan yang digunakan relative sederhana maka tidak perlu dry docking untuk melakukan modifikasi terhadap mooring systemnya. Spread mooring ini dapat kita diterapkan pada setiap tipe kapal tapi kita harus  tetap perhatikan fasilitas produksi di atas kapal. Pada FPSO Belanak Natuna yang pada bagian atasnya ada terdapat fasilitas produksi crude oil dan LPG maka posisi fixed heading menjadi suatu kebutuhan yang penting maka dari itu digunakan system spread mooring, karena pergerakan ataupun perputaran dari kapal begitu sangat berpengaruh pada proses produksi LPG. System spread mooring ini peralatan offloading biasanya terletak di bow atau stern kapal.
  2. Turret Mooring
    Turret mooring system ini yakni kapal dihubungkan dengan turret  sehingga  bearing memungkinkan kapal untuk berputar. Jika dibandingkan dengan spread mooring tadi , pada system turret mooring ini riser dan umbilical yang diakomodasi dapat lebih banyak lagi. Ada 2 Turret mooring yakni External turret dan Internal turret :
    External Turret
    External Turret dapat kita diletakkan pada posisi stern kapal pada luar lambung kapal, agarkan kapal dapat berputar 360 derajat dan mampu beroperasi pada kondisi cuaca normal atau extreme. Chain leg ditanam pada dasar laut dengan menggunakan anchor . Untuk biaya pembuatannya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan internal turret dan modifikasi yang dilakukan pada kapal hanya sedikit.
    Internal Turret
    Internal Turret pada system ini mempunyai keunggulan yaitu bisa terpasang secara permanen maupun tidak dan dapat diaplikasikan pada lapangan yangmempunyai  kondisi lingkungan yang ekstrim dan sesuai untuk deepwater. System Internal turret ini bisa mengakomodasi riser sampai 100 unit dengan kedalaman laut hingga 10,000feet. 
  3. Tower Mooring
    Pada system Tower Mooring ini FSO atau FPSO kita hubungkan ke tower dengan permanen wishbone atau permanen hawser. System ini dihubungkan sesuai untuk laut dangkal ataupun sedang dengan arus yang cukup kuat. Keuntungandari system ini antara lain :
    dapat akses langsung dari kapal ke tower
    Transfer fluida yang sangat sederhana
    Modifikasi pada kapal tidak banyak
  4. Buoy Mooring
    Pada system Buoy Mooring ini digunakan untuk mooring point kapal dan offloading fluida. Adapun tujuan utama pada system ini untuk transfer fluida dari daratan atau fasilitas offshore ke kapal yang sedang ditambatkan.
    Berikut ini Komponen-komponennya :
    Buoy Body, berfungsi sebagai penyedia stabilitas dan buoyancy
    Komponen Mooring dan Anchoring, sebagai penghubung buoy dengan seabed dan hawser menghubungkan buoy dengan kapal
Cukup sekian untuk artikel kali ini yaitu MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL. Dengan artikel ini semoga dapat memberi kita pengetahuan tambahan dan jangan lupa untuk dishare keteman agarkan ilmu pengetahuan ini bermanfaat buat kita semua terima kasih

Belum ada Komentar untuk "MOORING SYSTEM YANG ADA PADA KAPAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel