DISTRIBUSI SALINITAS SECARA HORIZONTAL

DISTRIBUSI SALINITAS SECARA HORIZONTAL

Selamat pagi dan selamat beraktivitas kali ini Materi Perkapalan berbagi pengertian dari Distribusi Salinitas Secara Horozontal. Terus apakah yang dimaksud dengan Distribusi Salinitas Secara Horozontal ? Jadi, Distribusi Salinitas Secara Horozontal yakni Semakin ke arah lintang tinggi maka salinitas akan ikut bertambah tinggi. Untuk itu daerah yang ada disekitaran Khatulistiwa ( laut tropis ) salinitasnya lebih rendah dibandingkan salinitas yang ada di laut subtropis. Perlu kita ketahui bahwa daerah yang mempunyai salinitas tertinggi yaitu berada di daerah yang mempunyai lintang 30°LU dan 30°LS.

DISTRIBUSI SALINITAS SECARA HORIZONTAL

Pada perairan yang ada di Indonesia yang termasuk pada iklim tropis yaitu salinitas akan meningkat dari arah barat ke timur dengan kisaran antara 30-35 o/oo. Dan air samudera yang mempunyai salinitas lebih dari 34 o/oo terdapat pada Laut Banda dan Laut Arafuru yang berasal dari Samudera Pasifik ( Wyrtki,1961 )

faktor lainnya yang juga dapat mempengaruhi distribusi salinitas secara horizontal yakni angin dan topografi. Diketahui bahwa presipitasi yang ada di daerah tropis lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya sehingga terjadi pengenceran air laut yang dapat menyebabkan rendahnya salinitas di daerah tropis.

Sistem angin munson yang ada di Indonesia begitu sangat berpengaruh terhadap sebaran salinitas baik secara vertical maupun horizontal. Angin munson secara horizontal mempengaruhi arus untuk bergerak dan arus akan membawa massa air. Dengan angin munson ini dapat terjadi musim hujan dan musim panas. Perubahan musim ini menyebabkan terjadi variasi tahunan salinitas perairan, seperti contoh terjadi perubahan sirkulasi massa air yang memiliki salinitas tinggi dengan massa air yang bersalinitas rendah. Sedangkan pada topografi akan mempengaruhi salinitas suatu wilayah atau daerah perairan dikarenakan dengan ada atau tidaknya limpasan air tawar yang berasal dari sungai menuju muara. Sehingga berakibat  limpasan atau run off terjadi pengadukan yang akan berdampak pada pengenceran.

APAKAH ITU SALINITAS

Salinitas merupakan suatu tingkat keasinan (kadar garam) yang terlarut dalam air. Adapun kandungan garam sebagian besar terdapat pada danau, sungai dan saluran air alami daan dikategorikan sebagai air tawar. Kandungan garam pada air kurang dari 0,05% apabila lebih dari 0,05% maka air tersebut dikategorikan sebagai air payau atau saline jika konsentrasinya 3 sampai 5%. Dan lebih dari itu (5%) disebut Brine.

Air laut alami adalah air saline yang memiliki kandungan garam berkisar  3,5%. Beberapa danau garam di daratan dan beberapa lautan memiliki kadar garam lebih tinggi dari air laut umumnya. Sebagai contoh danau garam yang didaratan dan lautan memiliki kadar garam lebih tinggi yaitu, Laut Mati memiliki kadar garam sekitar 30%. Untuk istilah keasinan lautan untuk teknik adalah halinitas, dengan didasarkan bahwa halida-halida terutama klorida merupakan anion yang paling banyak dari elemen-elemen terlarut. Dalam mata kuliah oseanografi halinitas dinyatakan bukan dalam persen tetapi dalam “bagian perseribu” (parts per thousand , ppt) atau permil (‰).

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SALINITAS

  1. Terjadi Penguapan, Dikatakan penguapan karena apabila semakin besar tingkat penguapan air laut di suatu daerah maka akan memiliki salinitas tinggi dan sebaliknya jika suatu daerah memiliki penguapan air  yang rendah maka tingkat salinitasnya rendah, maka dapat dikatakan daerah tersebut rendah kadar garamnya.
  2. Curah hujan, semakin besar curah hujan pada suatu wilayah atau daerah laut maka salinitas air laut akan rendah dan sebaliknya makin kecil curah hujan yang turun maka salinitas akan tinggi.

FAKTOR SEBARAN SALINITAS LAUT

Sebaran salinitas di laut dapat dipengaruhi dari banyak macam faktor yaitu pola sirkulasi air, curah hujan, aliran sungai dan penguapan.
Cukup sekian untuk postingan kali ini tentang DISTRIBUSI SALINITAS SECARA HORIZONTAL semoga dapat memberi kita pengetahuan baru atau tambahan sehingga dapat mengetahui apa sewbenarnya distribusi salinitas horizontal itu. Terima kasih semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "DISTRIBUSI SALINITAS SECARA HORIZONTAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel