PENENTUAN LETAK STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI

PENENTUAN LETAK STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI

Apa kabar sahabat semua, ? kami harap semua sehat-sehat semua dan jumpa lagi pada blog yang membahas seputar dunia perkapalan yakni blog MATERI PERKAPALAN. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas PENENTUAN LETAK STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI atau OFFSHORE. Pada sebelumnya kita telah membahas tentang :
Didalam penentuan letak struktur bangunan lepas pantai ada 2 hal yang sangat penting diperhatikan yaitu :
  1. LOKASI GEOGRAFIS
  2. KARAKTERISTIK LINGKUNGAN
1. LOKASI GEOGRAFIS
Dengan melihat begitu banyaknya kandungan minyak dan gas bumi pada suatu lokasi maka hal tersebut merupakan faktor atau alasan utama sehingga dibangunnya konstruksi bangunan lepas pantai. Sebelum menentukan suatu lokasi untuk dibangunnya bangunan lepas pantai maka terlebih dahulu kita tahu dulu bagaimana keadaan atau kondisi lokasi tersebut, seperti memperhatikan pondasi, jumlah sumur yang dibutuhkan serta penentuan metode pengangkutan konstruksi ke lokasi dan minyak/gas ke tempat pendistribusian.

2. KARAKTERISTIK LINGKUNGAN
Karakteristik lingkungan merupakan keadaan yang timbul pada struktur bangunan lepas pantai saat dioperasikan. Kondisi tersebut dapat kita peroleh disaat peninjauan lokasi geografis yang telah dilakukan secara berkala untuk mendapatkan data-data yang begitu akurat. Adapun tujuan pengambilan data-data tersebut yaitu dapat diprediksi gejala alam yang mungkin timbul pada saat pengoperasian bangunan lepas pantai yang dalam bentuk angka.Pada kondisi lingkungan dapat dibedakan dalam 2 kategori yakni :

1. Kondisi Lingkunagn Normal, dan
2. Kondisi Lingkungan Ekstrim

GEJALA-GEJALA ALAM YANG JUGA MERUPAKAN BAGIAN DARI BEBAN LINGKUNGAN YANG DIALAMI OLEH STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI SAAT DILOKASI PENGOPERASIAN

  • GELOMBANG
    Gelombang merupakan sumber yang palin utama dari beban lingkungan yang dialami oleh bangunan lepas pantai.Perancangan konstruksi bangunan lepas pantai adapun karakteristik gelombang yang digunakan yakni pada kondisi lingkungan normal.
    Adapun parameter-parameter yang didapatkan dari gelombang antara lain
    1. Tinggi Gelombang
    2. Periode Gelombang
    3. Panjang Gelombang
    4. Elevasi Puncak Gelombang
  • ANGIN
    Adapun parameter utama pada angin yaitu keceptan angin itu sendiri. Data angin yang diperolah harus bisa kita sesuaikan dengan kecepatan angin pada ketinggian standar atau normal (Ketinggian Acuan) yaitu 10m atau 33ft diatas permukaan air rata-rata dengan interval dengan waktu yang ditentukan.
  • ARUS
    Jika angin parameter utamanya adalah kecepatan angin, maka Arus pun sama yaitu kecepatan arus. 
Mungkin cukup sekian dari pembahasan PENENTUAN LETAK STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI. Semoga memberikan kita ilmu yang dapat bermanfaat untuk dijadikan bekal yang nantinya digunakan saat bekerja. Terima kasih .

2 Komentar untuk "PENENTUAN LETAK STRUKTUR BANGUNAN LEPAS PANTAI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel