10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Inilah 10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia, Pelabuhan Apa Sajakah?

Daftar Pelabuhan Terbesar di Indonesia- Negara Indonesia merupakan negara kepulauan jadi tidak heran apabila Indonesia mempunyai banyak pelabuhan-pelabuhan terbesar dan terkenal di Dunia. Pelabuhan di indonesia sangat mengesankan karena setiap pulau mempunyai pelabuhan tersendiri dengan melihat letak geografis Indonesia. Kali ini Perkapalan.net memberikan bebrapa urutan pelabuhan terbesar yang ada di Indonesia dengan urutan pertama sampai terakhir.
  • Pelabuhan Tanjung Priok
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Tanjung Priok merupakan pelabuhan disebelah Utara Propinsi DKI Jakarta ini ialah pelabuhan tersibuk di Indonesia. terkecuali mengangkut penumpang, kegiatan di pelabuhan ini pun padat bersama angkutan barang yg masuk dari luar pulau & luar negara. Pembangunan pelabuhan Tanjung Priok diawali kala berjalan pengendapan lumpur di muara Ciliwung kepada pertengahan 1960. hal tersebut jadi masalah bagi banyak kapal buat berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa. Atas keadaan itu Tanjung Priok hasilnya jadi ruang alternatif dikarenakan lokasinya cuma 9 kilo meter dari Sunda Kelapa.
  • Pelabuhan Merak
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Merak mempunyai letak strategis yaitu menghubungkan Pulau Jawa bersama Pulau Sumatera yg terpisah oleh Selat Sunda. Pelabuhan Merak jadi pintu masuknya dari Propinsi Lampung ke Pulau Sumatera dgn Propinsi Banten, di pulau Jawa maupun sebaliknya. Tiap harinya terdapat beberapa ratus perjalanan feri dari Merak ke Bakauheni di Lampung maupun sebaliknya.
  • Pelabuhan Tanjung Perak
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Tanjung Perak adalah pelabuhan ke-2 teramai sesudah pelabuhan Tanjung Priok. Tiap-tiap harinya, pelabuhan yg terletak di Surabaya ini kehadiran beberapa ratus kapal. Pelabuhan Tanjung Perak menghubungkan Surabaya dgn kota-kota pelabuhan lain di Indonesia. Pembangunan Tanjung Perak dimulai kepada th 1910
  • Pelabuhan Bakauheni
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Bakauheni jadi pelabuhan utama mengingat posisinya yg menghubungkan Sumatera bersama Jawa. Pelabuhan di Kecamatan Bakauheni, Kab Lampung Selatan ini disinggahi beberapa ratus kapal tiap-tiap harinya. Kapal feri yg berlabuh di Bakauheni pada umumnya melayani berbagai jasa penyeberangan angkutan umum dan darat seperti truk-truk, bus penumpang, barang, maupun mobil & motor pribadi.
  • Pelabuhan Tanjung Mas
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Penjelasan untuk Pelabuhan Tanjung Mas berada pelabuhan di Semarang, jateng. Pelabuhan yg mempunyai luas 500 hektare ini mempunyai sekian banyak alat antara lain seperti Alur Pelayaran, Kolam Pelabuhan, Dermaga, Gudang, & Terminal. Di ruang pelabuhan Tanjung Mas terdapat suatu Mercusuar bernama Willem 3. Mercusuar ini dibangun terhadap thn 1884 di wilayah pelabuhan Tanjung Mas oleh Pemerintah Kolonial Belanda dalam rangka menjadikan kota Semarang sbg kota pelabuhan & dagang.
  • Pelabuhan Ketapang
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Ketapang merupakan pelabuhan husus kapal feri di Kab Banyuwangi, jatim. Pelabuhan ini jadi pintu gerbang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali maupun sebaliknya lewat Selat Bali. Tiap-tiap harinya ada beberapa ratus feri yg berlabuh di pelabuhan Ketapang.
  • Pelabuhan Harbour Bay
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Apabila berkunjung ke Pulau Batam, tak afdol rasanya seandainya tak berkunjung ke Pelabuhan Harbour Bay. Pelabuhan Harbour Bay tidaklah seperti pelabuhan rata-rata apalagi pemandangannya di tengah malam hri. Dari sini, kita mampu menyaksikan lampu – lampu negeri Singapura yg demikian indah. Wajar saja, tidak sedikit restoran bertarif mahal berjejer di wilayah pelabuhan Harbour Bay. Waktu Ini Pelabuhan Harbour Bay sudah jadi salah satu destinasi wisata di pulau Batam.
  • Pelabuhan Sunda Kelapa
10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Sunda Kelapa atau tidak jarang dinamakan pasar ikan adalah salah satu pelabuhan dengan peristiwa panjang bagi Kota Jakarta. Pasalnya, pelabuhan ini telah ada sejak era kerajaan Padjajaran atau lebih kurang abad ke 12. Pada Awalnya, Pelabuhan Sunda Kelapa ini dinamankan Pelabuhan Kalapa. Pelabuhan ini menjadi suatu pelabuhan utama keluar masuknya barang ke wilayah Jakarta yg disaat itu dikuasai oleh kerajaan Padjajaran. awal tahun1970 nama Kalapa dirubah jadi Sunda Kelapa.
  • Pelabuhan Batam Center
Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Tidak Sama dgn Harbour Bay, Batam Center lebih didominasi bersama kapal – kapal laut pengangkut barang. beberapa-barang – barang dari Singapura & Malaysia di Impor melalui pelabuhan ini. Janganlah heran bila kita tidak sedikit menjumpai product – product impor di menjual dgn harga murah di daerah Batam Center. Kepada diwaktu ini ada dua macam kapal feri yg beroperasi ialah Batam Fast & Penguin dgn jadwal keberangkatan nyaris tiap jam mulai sejak dari jam 6 : 00 pagi hingga jam 21 : 00 tengah malam.
  • Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Kota Makassar dinamai pelabuhannya dgn nama Pelabuhan Soekarno–Hatta. Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) & terdapat terminal peti kemas. Terminal peti kemas yaitu wilayah keluar masuknya barang dari Negara lain atau profensi lain ke Makassar.

Itulah 10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pelabuhan Terbesar dan Terkenal di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel