Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut

Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut

Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut

Pelabuhan Laut merupakan sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Terus apakah Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut? Untuk itu silahkan simak beberapa keuntungan dan kerugian pelabuhan laut berikut ini.

Keuntungan Adanya Pelabuhan Laut

  • Untuk meningkatkan kegiatan ekonomi didaerah belakang (interland) dan untuk menunjang kelancaran perdagangan antar pulau atau negara (eksport dan inport) serta perkembangan daerah sekitarnya.
  • Untuk mendukung kelancaran produksi suatu perusahaan atau pabrik. Pelabuhan dibutuhkan untuk melancarkan pemasaran hasil-hasil produksinya,atau mendatangkan bahan baku untuk keperluan produksinya. Bahkan ada pelabuhan khusus yang digunakan untuk melayani perusahaan dalam berproduksi.
  • Untuk mendukung pertahanan dan keamanan suatu negara yang didasarkan pada pertimbangan politik,ekonomi dan teknis, seperti pelabuhan militer.

Kerugian Adanya Pelabuhan Laut

  • Pencemaran laut di areal pesisir pelabuhan.
  • Rumah yang berada di daerah pesisir pantai akan terasa panas disebabkan oleh bawaan angin dari pantai.
  • Rumah yang berada di daerah pesisir kemungkinan akan terjadi Banjir ROB.
Itulah beberapa Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut semoga bermanfaat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Pelabuhan Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel