Pengertian Pantai dan Macam-Macam Pantai

Pengertian Pantai dan Macam-Macam Pantai Menurut Para Ahli

Pengertian Pantai merupakan adalah sebuah wilayah atau daerah pantai yang menjadi batas antara daratan dan lautan. Menurut para ahli ada 4 macam-macam pantai menurut bentuknya yaitu, pantai landai, pantai curam, pantai bertebing dan pantai karang.

Pengertian Pantai dan Macam-Macam Pantai


.Berikut adalah penjelasan tentang 4 macam-macam pantai menurut para ahli:
  1. Pantai Landai
    Pantai landai adalah pantai yang permukaannya relatif datar, pantai jenis ini termasuk pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta serta pantai estuari. 
  2. Pantai Curam
    Pantai curam pada umumnya bergunung-gunung, karena peretakan yang memanjang sejajar pantai dan terkikis oleh ombak yang besar, sehingga terbentuk tebing-tebing curam dan laut dalam. Sebagai contohnya, pantai di selatan Pulau Jawa dan barat Pulau Sumatera. 
  3. Pantai Bertebing (Flaise)
    Pantai bertebing (Flaise) adalah pantai yang curam di muka tebing karena adanya pegunungan melintang tegak lurus terhadap pantai. Pantai ini sering kita jumpai dilaut yang dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi atau erosi marine. 
  4. Pantai Karang
    Pantai karang terjadi apabila di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang, misalnya pantai di pulau sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Pantai seperti ini biasanya dijadikan objek wisata laut, misalnya, Taman Bunaken di Manado. 
Cukup sekian untuk artikel kali ini tentang Apa Pengertian Pantai dan Macam-Macam Pantai semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pantai dan Macam-Macam Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel