Tipe-Tipe Bangunan Pelindung Pantai

Macam-macam Bangunan Pelindung Pantai

Pada kali ini akan berbagi artikel tentang Bangunan Pelindung Pantai yang juga merupakan tugas besar di teknik perkapalan program studi teknik kelautan. Dalam bangunan pelindung pantai ada 4 macam tipe yaitu Groin, Breakwater, Jetty, Seawall. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pengertian dari macam tipe yang disebutkan tadi.

BANGUNAN PELINDUNG PANTAI
BREAKWATER

Tipe Bangunan Pelindung Pantai diantaranya adalah: 

  • TIPE GROIN

Bangunan Pelindung Pantai

Groin merupakan struktur untuk mengamnkan  pantai yang dibangun menjorok relatif tegak lurus terhadap arah pantai. Untuk bahan dasar konstruksi pada groin umumnya adalah kayu, baja, beton dan batu. Pemasangan groins menginterupsi aliran arus pantai sehingga pasir terperangkap pada “upcurrent side,” sedangkan pada “downcurrent side” terjadi erosi, karena pergerakan arus pantai yang berlanjut .
Dalam pengunaan groin harusnya dibuat dengan seri bangunan yang terdiri dari beberapa groin dengan jarak yang sudah ditentukan agarkan garis pantai terlihat bentuk yang begitu signifikan karena apabila penggunaan groin cuma ada satu maka groin tersebut tidak efektif . Tipe groin berbentuk huruf L, I dan T ini dibangun sesuai kebutuhan pada pantai yang akan dipasangkan groin.
  • TIPE JETTY
Tipe Jetty
Tipe Jetty merupakan bangunan yang tegak lurus dengan pantai yang ditempatkan pada kedua sisi muara sungai yang mempunyai berfungsi mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai dan melindungi alur pelayaran. Selain melindungi alur pelayaran, dapat juga digunakan untuk mencegah pendangkalan dimuara dalam kaitannya dengan pengendalian banjir.

TIPE JETTY ANTARA LAIN :

  • Jetty panjang
    Dikatan jetty panjang jika panjang ujungnya berada diluar gelombang pecah. Tipe ini bertujuan untuk menghalangi masuknya sedimen ke muara,dan jika menggunakan konstruksi ini biaya pun sangat mahal Maka dari itu jika fungsinya hanya untuk penaggulangan banjir maka penggunaan jetty panjang ini tidak ekonomis.Bangunan ini digunakan  apabila daerah yang harus dilindungi terhadap banjir itu sangat penting. 
  • Jetty sedang
    Jetty sedang apabila ujungnya berada antaar muka air surut dan lokasi gelombang pecah yang berfungsi untuk menahan sebagian transport sedimen sepanjang pantai.
  • Jetty pendek
    Pada jetty pendek jika kaki ujung bangunan berada pada permukaan air surut. Jetty pendek ini mempunyai fungsi untuk menahan berbeloknya muara sungai dan mengkonsentrasikan aliran pada alur yang telah ditetapkan untuk bisa mengerosi endapan.
  • TIPE BREAKWATER
Tipe Breakwater

Breakwater atau sering orang menyebutnya pemecah gelombang lepas pantai merupakan bangunan yang dibuat sejajar dengan pantai dan memiliki jarak tertentu dari garis pantai. Breakwater ini berfungsi untuk perlindungan pantai terhadap erosi dengan cara menghancurkan energi gelombang yang deras sebelum sampai ke pantai dan  sehingga terjadi endapan dibelakang bangunan.
  • TIPE SEAWALL
Tipe Seawall

Seawall merupakan sebagai dinding untuk pencegah banjir yang berfungsi sebagai pelindung terhadap kekuatan gelombang yang sampai pada wilayah pesisir. Seawall inipada dasarnya  dibuat dari beton, turap baja/kayu, pasangan batu dan pipa beton agarkan seawall tidak meredam energi gelombang, tetapi gelombang yang menghantam permukaan seawall akan dipantulkan kembali.
Cukup sekian artikel kali ini tentang Tipe-Tipe Bangunan Pelindung Pantai. Terima kasih semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tipe-Tipe Bangunan Pelindung Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel