DISTRIBUSI SUHU HORIZONTAL

DISTRIBUSI SUHU HORIZONTAL

SUHU UDARA merupakan derajat panas atau dingin udara di atmosfer. Berdasarkan penyebarannya di muka bumi bahwa suhu udara terdapat dua macam yakni sebaran secara horisontal  dan secara vertikal. Suhu tersebut dapat menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda maka semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

Peta global jangka panjang suhu udara permukaan rata-rata bulanan dalam proyeksi Mollweide. Suhu dapat juga disebut sebagai temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celsius, Reumur, Fahrenheit dan Kelvin. Perbandingan antara satu jenis termometer dengan termometer lainnya mengikuti:

C:R:(F-32) = 5:4:9 dan
K = C + 273. (derajat)

Karena dari Kelvin ke derajat Celsius, Kelvin dimulai dari 273 derajat, bukan dari -273 derajat. Dan derajat Celsius dimulai dari 0 derajat. Suhu Kelvin sama perbandingan nya dengan derajat Celsius yaitu 5:5, maka dari itu, untuk mengubah suhu tersebut ke suhu yang lain, sebaiknya menggunakan atau mengubahnya ke derajat Celsius terlebih dahulu, karena jika kita menggunakan Kelvin akan lebih rumit untuk mengubahnya ke suhu yang lain.

Contoh:
K=R 4/5X[300-273] daripada: C=R 4/5X27

Distribusi normal atau distribusi Gauss merupakan distribusi probabilitas yang paling banyak digunakan dalam berbagai analisis statistika. Distribusi normal baku merupakan distribusi normal yang memiliki jumlah rata-rata nol dan simpangan baku satu. Distribusi ini juga dijuluki kurva lonceng dalam bahasa inggrisnya bell curve karena grafik fungsi kepekatan probabilitasnya mirip dengan bentuk lonceng.

Model distribusi normal yakni seperti fenomena kuantitatif pada ilmu alam maupun ilmu sosial. Beragam skor pengujian psikologi dan fenomena fisika seperti jumlah foton dapat dihitung melalui pendekatan dengan mengikuti distribusi normal. Distribusi normal banyak digunakan dalam berbagai bidang statistika, misalnya distribusi sampling rata-rata akan mendekati normal, meski distribusi populasi yang diambil tidak berdistribusi normal. Distribusi normal banyak digunakan dalam berbagai distribusi dalam statistika dan kebanyakan pengujian hipotesis mengasumsikan normalitas suatu data.

Sebaran suhu udara secara horisontal. Jika bumi kita homogen tanpa kehadiran darat dan laut, maka mungkin distribusi suhu di permukaan bumi akan bersesuaian dengan posisi lintangnya. Di ekuator dan sekitarnya suhunya panas, sedang di kutub dan sekitarnya suhunya dingin. Namun demikian bumi sangatlah kompleks, lebih dari pada sekedar susunan darat dan laut. Sehingga secara keruangan sebaran suhu dipermukaan bumi akan terganggu, tidak sederhana jika bumi itu homogen.

Suhu Permukaan Laut (Sumber: NOAA)

Secara modern sebaran suhu dipermukaan bumi dapat diturunkan dari foto satelit. Foto olahan satelit dari NOAA milik Amerika tersebut dapat menggambarkan rata-rata suhu permukaan laut di dunia. Warna-warni pada gambar tersebut mewakili besaran rata-rata suhunya. Alat yang digunakan untuk mengukur profil vertikal suhu udara di atmosfer hingga ketinggian tertentu bisa melebihi 30 km dinamakan radiosonde.

Belum ada Komentar untuk "DISTRIBUSI SUHU HORIZONTAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel